Tips Memilih Jenis Usaha

 Tips Memilih Jenis Usaha – Memulai usaha baru pasti selalu memilih jenis usaha yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian kita masing-masing. Biasanya sebelum memulai dan menentukan jenis usaha, kita pasti sudah memiliki berbgai ide bisnis yang akan diterapkan. Dari barbagai ide bisnis yang ada dalam pikiran, perlu disaring, dipertimbangkan, dan pilihan yang bisa dijalankan dan tentu saja paling menguntungkan. Karena bagaimanapun yang namanya sebuah usaha bisnis tujuan akhirnya adalah keuntungan.

Sebaliknya meski ada banyak ide bisnis yang berpotensi bisa memberi keuntungan besar namun kita tidak mempunyai kemampuan dalam menjalankannya, itu artinya percuma saja. Idealnya dalam pemilihan jenis usaha mestinya harus yang sesuai dengan kemampuan dan minat kita dan tentunya jenis bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan.

Memilih jenis usaha yang akan dijalankan merupakan suatu proses yang cukup rumit dan memakan resource tersendiri. Itu memang wajar karena selain memikirkan lokasi tempat usaha juga anggaran yang diperlukan untuk modal awal.

Tapi perlu diingat, Jika terlalu lama memikirkan dan menimbang-nimbang jenis bisnis yang akan dijalankan justru bisa membuat usaha bisnis itu tidak segera terlaksana. Namun jika terlalu cepat dalam mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang matang, itu juga merupakan tindakan yang sia-sia. Karena tanpa keputusan dan petimbangan yang matang, maka kita gak pernah tau resiko dari jenis usaha itu sendiri. Untuk itu dari ide bisnis yang ada dalam pikiran kita alangkah baiknya kalau kita menuliskan atau membuat daftar serta penjabaran nilai plus minusnya jenis bisnis itu sendiri.

Sebagai pertimbangan bagi Anda selum mengambil keputusan untuk memilih jenis usaha yang akan dijalankan dari berbagai ide bisnis yang ada, alangkah baiknya kalau Anda membaca beberapa tips memilih jenis usaha seperti yang diuraikan berikut ini:

Bertanya kepada orang dekat

Orang dekat adalah merupakan orang yang tahu betul akan kemampuan dan potensi diri kita, sehingga masukannya sangat bermanfaat. Kemukanan ide bisnis anda, kemukakan pula detail ide bisnisnya jika anda sudah mengetahuinya.

Melihat Trend bisnis yang sedang berkembang

Ide bisnis bisa dimulai dari proses pengamatan bisnis dan peluang usaha yang ada di sekitar kita. Mulailah belajar menjadi pengamat yang baik. Pelajari semua aspek yang terlihat dari mereka yang sudah menjalankan suatu bisnis tertentu. Dengan begitu, pelan-pelan sense anda untuk memilih usaha yang sesuai akan terbagun. Bisnis yang sedang trend menawarkan peluang bisnis yang akan menguntungkan. Selain dari ide bisnis yang sedang trend juga penting untuk diamati kebutuhan lingkungan sekitar anda.

Mengumpulkan informasi tertulis

Berkunjunglah ke toko buku atau perpustakaan, silahkan baca-baca buku dan tulisan tentang kewirausahaan. Segudang ide bisnis banyak anda temui di media tersebut. Pilihlah salah satu yang sifatnya lebih umum dan sesuai dengan kemampuan ketika awal anda memulai. Jika anda sudah bisa menentukan pilihan usaha, baru anda beli buku yang khusus membahas jenis usaha pilihan anda tersebut.

Mengumpulkan informasi dari internet

Ada begitu banyak informasi yang bisa diperoleh dari internet, mulai dari artikel, forum diskusi dan lain sebagainya. Baca berbagai artikel yang bercerita mengenai usaha Anda. Belajarlah dari pengalaman orang lain melalui internet, dan jadikan mereka sebagai sumber informasi tambahan untuk anda. Internet menjadi sumber ide bisnis jika anda jeli dan tekun mencarinya.

Anda juga bisa bergabung ke berbagai mailing list komunitas bisnis dan forum diskusi bisnis atau usaha. Media ini merupakan sarana yang cukup efektif untuk interaksi dua arah. Dimana biasanya orang yang tergabung dalam forum diskusi atau mailing list itu sangat terbuka dalam memberi masukan dan sharing pengalaman.

Mengikuti kursus atau pelatihan bisnis

Jika jenis bisnis sudah ditemukan kita bisa pertajam lagi dengan mengikuti berbagai kursus atau pelatihan bisnis. Walaupun belum memiliki ide bisnis sama sekali namun dari pelatihan bisnis bisa membantu anda menstimulasi ide-ide bisnis baru. Saat ini ada begitu banyak kursus atau pelatihan kewirausahaan yang bisa dipilih. Pelatihan ini ada yang bersifat umum sampai detail teknis tentang suatu bisnis tertentu. Juga mengikuti kursus ini cukup penting bagi anda sebelum memulai usaha.

 

Mungkin dengan Tips Memilih Jenis Usaha yang diuraikan di atas bisa memberi anda semangat baru dalam memulai usaha baru sehingga bisa menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka penganguran di negara kita ini. icon smile

 

Title: Tips Memilih Jenis Usaha


Tips Memilih Jenis Usaha

0 komentar :