5 Tips Sukses Berbisnis Ala Dahlan Iskan

5 Tips Sukses Berbisnis Ala Dahlan Iskan – Dahlan Iskan tentu sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia apalagi dikalangan pelaku bisnis. Kepiawaiannya dalam menjalankan roda usaha atau bisnis selalu menjadi sorotan dari berbagai media sehingga tidak mengherankan bila sekarang ini Dahlan Iskan mulai dijadikan sebagai salah seorang narasumber di berbagai acara seminar bisnis.

Dari kesuksesannya sebagai seorang Chief Executive Officer Jawa Pos Group serta prestasi kerjanya dalam memimpin berbagai perusahaan yang berskala besar, menjadi bekal pengalaman yang sangat berharga bagi Dahlan Iskan sebelum akhirnya terpilih menjabat sebagai Menteri BUMN. Nah, kira-kira tips bisnis seperti apa saja yang bisa kita ambil dibalik kesuksesan Dahlan Iskan?

Dari kesuksesannya itu kita bisa ambil sedikit trik sukses yang yang diterapkan oleh pak Dahlan yang membuat Ia bisa sesukses ini. Dan berikut 5 tips sukses berbisnis ala Dahlan Iskan yang bisa kita dapatkan dalam merintis sebuah usaha.

Tips berbisnis ala dahlan iskan 300x197

1. Tak harus dari keturunan pengusaha
Mungkin masih ingat peribahasa kuno yang berbunyi “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya!”. Dan ternyata peribahasa itu tak berlaku dalam merintis sebuah usaha. Menurutnya bahwa setiap orang bisa dan berhak menjadi pengusaha sukses tanpa harus dibarengi embel-embel garis keturunan dari keluarga pengusaha. Contoh nyata seperti itu bisa kita lihat dari kisah idola pengusaha masa kini Dahlan Iskan. Meskipun beliau terlahir dari keluarga yang sederhana dimana ayahnya hanya seorang buruh tani dan ibunya sebagai buruh batik, namun pak Dahlan tidak pernah berkecil hati untuk terus bekerja dan berusaha dalam mencapai kesuksesan yang Ia impikan.

2. Mulai dari usia muda
Sebagian besar pengusaha yang telah sukses sudah merintis bisnisnya itu semenjak Ia masih muda. Bsegitu juga dengan kesuksesan Dahlan Iskan pun telah Ia rintis sejak beliau masih remaja. Hal ini perlu diperhatikan oleh para pemula pelaku bisnis karena kalau kita merintis usaha di usia yang muda, maka kita masih memiliki banyak waktu untuk belajar, berkembang, dan merasakan jatuh bangunnya dalam merintis sebuah usaha. Dan di saat kita memasuki usia senja, kita tinggal menikmati hasil keberhasilan dari bisnis yang kita bangun.

3. Jangan memaksakan ingin cepat sukses
Untuk meraih sebuah kesuksesan tak pernah ada yang instant. Justru sebagai seorang pengusaha kita sangat dituntut untuk bisa tahan banting dan jatuh bangun dalam setiap kondisi serta menikmati setiap proses perjalanan dalam menuju pintu gerbang kesuksesan. Mental seorang pelaku usaha tentunya kita tak boleh takut menikmati pahit manisnya perjalanan bisnis, berani menghadapi tantangan dalam menciptakan sebuah peluang, serta jangan pernah bergantung pada bantuan orang lain.

4. Menjadi pribadi yang cerdas
Dahlan juga mengungkapkan bahwasannya sebagai seorang pelaku bisnis kita tidak hanya harus pintar dalam melihat berbagai peluang namun juga harus bisa mencari jalan keluar dari setiap permasalahan yang dihadapi. Kejelian seorang pengusaha dalam membidik peluang serta kecerdasan dalam menuntaskan berbagai permasalahan, menjadi modal utama untuk bisa sukses menjawab semua tantangan pasar.

5. Fleksibilitas terkadang dibutuhkan para pengusaha
Walaupun setiap pengusaha mempunyai perencanaan jangka pendek dan rencana jangka panjang, namun kadang-kadang banyak hal yang bisa terjadi di kemudian hari. Oleh karena itu pak Dahlan selalu menekankan kepada setiap pelaku bisnis bahwasanya fleksibilitas itu sangat penting. Ketika rencana A tak berjalan efektif, maka jangan pernah ragu untuk segera mengambil rencana B supaya bisnis Anda bisa tetap berkembang di tengah ketatnya persaingan pasar.

Dengan menerapkan 5 tips bisnis di atas yang berjudul 5 Tips Sukses Berbisnis Ala Dahlan Iskan, diharapkan kedepannya bisnis Anda bisa maju pesat serta mendatangkan kesejahteraan bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

 

Title: 5 Tips Sukses Berbisnis Ala Dahlan Iskan


5 Tips Sukses Berbisnis Ala Dahlan Iskan

0 komentar :