Strategi Pemasaran Dengan Biaya Kecil

 Strategi Pemasaran Dengan Biaya Kecil – Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah pelaku usaha di Indonesia, tentunya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi nasional. Meskipun jumlah pelaku usaha sampai saat ini masih belum memenuhi standar ideal, namun boleh dikatakan bahwa hampir setiap hari selalu muncul pemain-pemain baru yang ingin mengadu nasib di dunia usaha. Dan kondisi seperti inilah yang kemudian menuntut para pelaku usaha terlebih-lebih yang masih pemula untuk harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran dengan biaya kecil dalam memenangkan persaingan pasar.

Kalau perusahaan-perusahaan besar berani mengeluarkan biaya promosi maksimum dalam mendongkrak pemasaran produknya, maka para pemain usaha kecil dan menengah dituntut untuk harus bisa menyusun berbagai strategi pemasaran berbiaya rendah namun hasilnya memuaskan untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan strategi seperti itu, diharapkan setiap rupiah yang dikeluarkan oleh para pelaku usaha kecil menengah bisa memberikan dampak pemasaran setinggi mungkin untuk perkembangan usahanya.

Nah, seperti apa saja kira-kira strategi pemasaran yang bisa dijalankan para pelaku usaha kecil menengah dengan biaya kecil? Berikut kami informasikan Strategi Pemasaran Dengan Biaya Kecil yang bisa Anda terapkan dalam memenangkan persaingan pasar.

Pancing respon konsumen dengan sesuatu yang unik

Sesuatu yang berbau unik itu biasanya akan memancing rasa penasaran user atau para konsumen, dan trik inilah yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menarik perhatian khalayak ramai. Dan ketika produk Anda berhasil memancing rasa penasaran para konsumen, dengan cara seperti  itu secara tidak langsung mereka akan membagi informasi keunikan tersebut kepada tetangga dan orang-orang terdekat mereka, sehingga tidak menutup kemungkinan bila produk Anda tersebut bakal menjadi sorotan media serta diperbincangkan oleh banyak orang. Dengan begitu kita sudah bisa menciptakan satu strategi promosi gratis dari mulut ke mulut. Dan itu artinya Anda tidak perlu mengeluarkan lagi biaya tambahan untuk mendatangkan banyak pelanggan.

Perpanjang jangkauan pemasaran melalui para agen

Bila perusahaan-perusahaan besar lebih memilih menggunakan sistem franchise dalam memperluas jaringan dan jangkauan pasarnya, maka sebagai pelaku usaha kecil Anda bisa menjalin kerjasama dengan agen untuk memasarkan berbagai produk Anda ke penjuru daerah. Untuk mewujudkan itu Anda bisa menawarkan kerjasama yang saling menguntungkan anatar kedua belah pihak, dengan sistem sederhana dan komisi yang luar biasa. Contohnya Anda membuka peluang kerjasama untuk menjadi reseller di seluruh wilayah Indonesia yang ingin memasarkan produk Anda. Tawarkanlah mereka komisi yang agak besar supaya mereka tambah giat untuk memasarkan produk-produk Anda.

Branding melalui endorsement

Melakukan branding produk melalui sistem endorsement. Strategi pemasaran yang seperti ini bisa Anda jalankan dengan menggandeng seorang public figure tepercaya untuk menjadi salah satu kunci dari endorsement Anda. Tidak perlu membayangkan biaya yang mahal, karena biasanya sebagian besar public figure itu akan melakukan promosi itu secara gratis. Dan strategi yang seperti itu yang belakangan ini mulai digunakan oleh para pelaku bisnis online. Biasanya pelaku usaha online hanya mengirimkan foto produk mereka kepada calon endorse melalui akun twitter, dan kemudian bila si public figure menyetujui penawarannya, pelaku usaha akan mengirimkan foto beberapa contoh produk yang ingin mereka promosikan ke alamat public figure tersebut. Selanjutnya tugas sang endorse hanya bergaya di depan kamera untuk diambil fotonya dengan menggunakan produk tersebut dan mengupload hasil fotonya ke akun twitter mereka sambil menambahkan sedikit testimoni berupa tweet.

Promosikan bisnis Anda di dunia maya

Selain memanfaatkan promosi secara offline, pelaku usaha juga bisa merambah dunia maya dalam memasarkan produk-produk mereka. Pesatnya kemajuan dan pengguna internet serta meningkatnya daya beli konsumen di dunia maya, itu memberikan sebuah celah baru bagi pelaku usaha untuk mempromosikan bisnis mereka. Karena jangkauan internet yang tiada batas, pelaku usaha bisa membuka lapak online dengan menggunakan web gratisan ataupun yang berbayar. Aktif di berbagai media forum online untuk memperkuat brand produk usaha Anda, serta memanfaatkan jejaring sosial.

Sebarkan e-catalog kepada calon konsumen

Bila membuat majalah atau buletin katalog produk pasti akan membutuhkan biaya cetak yang cukup mahal, namun dalam hal ini Anda bisa mengantisipasinya dengan cara menyebarkan e-catalog atau katalog elektronik melalui alamat-alamat email calon konsumen Anda. Justru strategi yang seperti ini akan memudahkan Anda untuk menjaring konsumen dari berbagai daerah serta biaya promosi yang kecil karena semuanya bisa Anda jalankan secara gratis diinternet. Dengan adanya e-catalog seperti itu konsumen bisa mengetahui gambar produk yang Anda pasarkan dan memudahkan mereka untuk melakukan pemesanan melalui sistem online.

Dengan menerapkan strategi pemasaran sebagaimana yang diuraikan di atas maka strategi pemasaran dengan biaya kecil yang kita impikan bisa terwujud.

 

Title: Strategi Pemasaran Dengan Biaya Kecil


Strategi Pemasaran Dengan Biaya Kecil

0 komentar :