Akhirnya Blog Ini Masuk Google Sandbox

Akhirnya Blog Ini Masuk Google Sandbox – Masuk google sandbox memang merupakan momok yang sangat menakutkan bagi para blogger termasuk aku tentunya. Dan momok yang sangat menakutkan ini akhirnya menimpa blog kesayanganku ini. icon smile Dan kejadian ini adalah pelajaran yang sangat berharga bagi saya pribadi.


Awal mulanya blog ini masuk google sandbox adalah ketika aku memposting satu artikel lalu mem-ping blog ini melalui pihak ketiga yaitu googleping.com. Dan ketika aku coba melakukan pinger, googleping melaporkan bahwa ping yang dilakukan tidak berhasil alias error dan silahkan dicoba lagi. Karena laporannya seperti itu akhirnya aku coba lagi sampai lima kali coba dan laporannya selalu gagal. Karena laporannya yang seperti itu, lalu aku mencari situs ping yang lain dan mem-ping kembali blog ini. Waktu itu memang laporannya sukses.


Yang membuat aku terkejut adalah ketika keesokan harinya aku hendak mengupdate blog ini dan melihat statistiknya cuma 20 halaman terbuka dari yang biasanya 400-500 halaman pageview perhari (maklum blognya baru dibangun nich). X_X Waktu itu aku masih belum curiga kalau blog ini sudah masuk google sandbox, dalam hati aku kira mungkin hosting aku lagi bermasalah.


Lalu keesokan harinya lagi aku online mau update lagi isi blog ini, dan seperti biasanya sebelum aku menulis artikelnya aku sempatkan waktu untuk melihat statistik blog ini dan alangkah terkejutnya kalau pageview-nya cuma 15 aja. Wach gawat nich kataku koq bisa begini dan apa penyebabnya koq bisa begini.


Baru aku buru-buru mengecek apakah blog ini bermasalah, jangan-jangan dah masuk sandbox google. Lalu aku buka Google Sandbox Checker Tools untuk memastikan apakah bermasalah atau tidak.


Dan apa yang aku takutkan tadi akhirnya terjadi juga. Blog kesayanganku ini masuk google sandbox. Mau apalagi memang sudah terjadi dan ini adalah kesalahanku sendiri karena aku menonaktifkan plugin WordPress Ping Optimizer yang telah menemani blog aku ini selama ini.


Tipsdantutorialblog masuk google sandbox 300x172


Sekarang baru aku sibuk mencari jalan keluar untuk keluar sandbox google ini yang mungkin bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan atau tidak pernah keluar sama sekali. Dan pesanku kepada para blogger semua untuk hati-hati dalam melakukan ping blog supaya blog kalian jangan kena hukum google dimasukkan ke google sandbox seperti yang dialami blog ini.


 



0 komentar :