Tips Memasarkan Bisnis Sampingan

Tips Memasarkan Bisnis Sampingan 150x150 Tips Memasarkan Bisnis Sampingan – Menekuni dua peran sekaligus, tentu saja bukan perkara yang mudah bagi sebagian orang. Dan tantangan ini pulalah yang sering memaksa para pemain bisnis sampingan pemula hingga harus menyerah di tengah jalan. Karena, sebagai seorang mahasiswa, pelajar, karyawan,  ataupun ibu rumah tangga, pastinya kita dituntut untuk harus tetap fokus dalam menyelesaikan rutinitas kita sehari-hari. Sehingga dalam mengembangkan bisnis sampingan yang kita jalankan, kita harus pandai dan pintar-pintar dalam membagi waktu, tenaga, serta pikiran agar keduanya bisa berjalan dengan searah.

Oleh karena itu, untuk memudahkan kita sebagai pemula dalam menjalankan bisnis sampingan, Melalui artikel ini Tips dan Tutorial Blog akan berbagi informasi tentang tips memasarkan bisnis sampingan yang bisa kita praktekan tanpa mengganggu rutinitas harian kita.

Promosi ke orang-orang terdekat
Sebagai permulaan dalam memasarkan bisnis sampingan yang sedang kita jalankan, kita bisa memulai dengan cara mempromosikan bisnis sampingan tersebut kepada orang-orang di sekitar kita. Misalnya dengan menawarkannya kepada rekan kerja, teman sekolah atau kuliah, keluarga besar kita, tetangga sekitar, serta memperkenalkannya ke komunitas yang kita miliki. Melalui strategi promosi dari mulut ke mulut seperti ini, bisnis kita akan mudah dikenal banyak orang.

Memanfaatkan sosial media
Melihat perkembangan internet dan bisnis online yang akhir-akhir ini semakin hari semakin menjanjikan, tidak ada salahnya kalau sosial media yang berkembang pesat saat ini kita manfaatkan untuk memperluas pemasaran bisnis kita. Dimana jangkauan pasarnya tak terbatas jarak dan waktu, serta semakin mudah dan murahnya akses internet, cukup membantu kita dalam memasarkan bisnis sampingan di sela-sela rutinitas harian yang kita miliki.

Menjalin kerjasama dengan para resellerreseller
Alternatif lain yang harus kita lakukan dalam memasarkan bisnis bisnis yaitu mencari sambungan tangan. Dalam hal ini, dengan membuka peluang kerjasama bagi para reseller di berbagai daerah untuk mengoptimalkan penjualan produk yang kita tawarkan. Karena dengan semakin banyak jumlah reseller yang kita miliki, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan yang besar semakin mudah.

Memanfaatkan sistem konsinyasi (titip jual)
Selain mencari agen atau reseller di berbagai daerah, kita juga bisa memanfaatkan strategi pemasaran konsinyasi (titip jual) ke berbagai toko, warung, kantin, atau pusat perbelanjaan yang ada di sekitar tempat tinggal kita. Dengan menerapkan sistem tersebut, tentu saja kedua belah pihak sama-sama diuntungkan sehingga toko, warung, maupun pusat perbelanjaan, pasti mau menerima titipan produk dari para produsen maupun distributor. Sebab dengan sistem yang seperti itu mereka bebas dari resiko kerugian ketika barang tidak laku terjual, sehingga bisa mengembalikan sisa dagangan kepada para produsen maupun distributor yang bersangkutan.

Mengisi waktu libur dengan membuka lapak di lokasi strategis
Waktu libur yang ada kita juga bisa memanfaatkan untuk membuka lapak dagang di beberapa titik strategis yang ada di sekitar tempat tinggal kita. Misalnya dengan berjualan di depan rumah, membuka lapak dagang di pasar kaget yang sering bermunculan, atau mengikuti kegiatan bazaar dan pameran yang sering diadakan oleh pihak swasta ataupun pemerintah.

Nah, setelah membahas tips memasarkan bisnis sampingan sebagaimana yang diuraikan di atas, kini giliran Anda untuk mengaplikasikannya langsung dalam menjalankan usaha Anda.

 


Tips Memasarkan Bisnis Sampingan

0 komentar :