Cara Mudah Merintis Bisnis Sampingan

 Cara Mudah Merintis Bisnis Sampingan – Mempunyai penghasilan tambahan dari bisnis sampingan yang tengah kita jalankan, pasti sangat menyenangkan bagi setiap orang. Tapi sayang sekali karena sampai hari ini masih banyak orang yang sering kali kebingungan untuk memulai usaha sampingan baik mahasiswa, karyawan, maupun ibu rumah tangga.

Mereka masih sering bergelut dengan pertanyaan darimana memulainya dan bagaimana caranya? Dan melalui tulisan ini, Tips dan Tutorial Blog akan berbagi tips tentang cara mudah merintis bisnis sampingan yang bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Mulailah dari keterampilan Anda

Memulai bisnis sampingan ternyata tidak harus dimulai dengan menggunakan modal besar. Karena bisnis sampingan bisa dimuali dari kepiawaian atau keterampilan yang dimiliki. Jangan membayangkan model bisnis yang terlalu besar, tetapi mulailah dari usaha kecil yang bisa dirintis dengan potensi atau keterampilan yang dimiliki.

Contohnya seperti bisnis jasa les privat, jasa penerjemah, fotografer freelance, penulis artikel media online, menjadi trainer atau motivator, membuka kursus kecantikan, kursus memasak, kursus menjahit, broker property (makelar property), melayani jasa pembuatan website, dan lain-lain sebagainya.

Mulailah dari hobi Anda

Selain modal keterampilan yang dimiliki, ternyata hobi atau kegemaran juga bisa memberi penghasilan bagi kita semua.

Contohnya bila seseorang memiliki hobi melukis, bisa diaplikasikan dengan memproduksi berbagai macam produk tas, kaos lukis maupun sepatu lukis. Atau juga bagi yang memiliki hobi masak-memasak, bisa juga memanfaatkan hobi tersebut dengan membuat aneka macam resep baru yang belakangan ini sedang naik daun di pasaran, misalnya seperti membuat cupcakes, cookies unik dengan beragam bentuk, rainbow cake, dan lain-lain sebagainya.

Mulailah dari potensi pasar di sekitar kita

Sebagai seorang manusia pasti memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda. Hal seperti inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha atau bisnis sampingan. Mulailah dengan mengamati kebutuhan pasar di sekitar kita, dan penuhi kebutuhan mereka untuk mendatangkan penghasilan tambahan.

Contohnya bila Anda masih duduk dibangku kuliah atau seorang mahasiswa, bisa memasarkan buku-buku perkuliahan yang dibutuhkan teman-teman Anda. KAlau Anda berprofesi seorang karyawan, bisa mencoba bisnis fashion bagi para karyawan (mulai dari busana kerja, tas kerja, dasi, sepatu kerja, dan lain sebagainya). Bukan hanya itu saja, bagi para ibu rumah tangga juga tidak menutup kemungkinan untuk bisa berbisnis sampingan, misalnya saja dengan menjalankan bisnis makanan khusus bayi dan anak-anak, membuka tempat penitipan anak, menawarkan berbagai macam produk fashion untuk anak-anak, serta masih banyak lagi peluang bisnis sampingan lainnya yang bisa dicoba untuk mendatangkan penghasilan tambahan.

Nah, semoga tips bisnis mengenai cara mudah merintis bisnis sampingan sebagaimana yang telah kita bahas di atas bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca blog ini.


Cara Mudah Merintis Bisnis Sampingan

0 komentar :