Mencari Ide Bisnis Sampingan Berbasis Hobi

 Mencari Ide Bisnis Sampingan Berbasis Hobi – Menekuni sebuah hobi yang sangat disukai ternyata tidak hanya memberikan kesenangan semata bagi setiap orang, namun juga bisa merupakan salah satu peluang untuk mendatangkan uang. Sebuah hobi, selain bisa bisa menyalurkan kegemaran juga sekaligus mengembangkannya menjadi sebuah peluang bisnis sampingan yang dapat mendatangkan keuntungan setiap bulannya.

Tentu pasti ada yang bertanya kira-kira peluang bisnis apa saja yang bisa dijalankan dari sebuah hobi? Melalui tulisan ini Tips dan Tutorial Blog akan berbagi informasi beberapa ide bisnis sampingan yang bisa digarap bermodalkan sebuah hobi.

Hobi Otomotif
Dunia otomotif ini biasanya merupakan kegemaran kaum Adam. Dari otomotif ini ada beberapa jenis ide bisnis sampingan yang bisa dijalankan para pemula dari hobi ini seperti jual beli spare part mobil ataupun motor, jasa modifikasi motor atau mobil, makelar motor atau mobil, bengkel motor atau mobil, jasa reparasi jok motoratau mobil, dan lain-lain.

Hobi Elektronik
Selain otomotif, bidang lainnya yang sangat banyak digemari oleh kaum Adam adalah utak-utik barang elektronik. Kemajuan teknologi seperti barang-barang gadget, ternyata ikut mendorong perubahan gaya hidup masyarakat kita, sehingga tidak heran kalau hobi tersebut akhir-akhir ini menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Contohnya seperti bisnis perakitan komputer, jasa servis komputer dan laptop, bisnis jasa servis handphone atau smartphone, menyediakan software (aplikasi tambahan) untuk produk gadget, jasa servis barang-barang elektronik rumah tangga, dan lain sebagainya.

Hobi Memasak
Hobi yang satu ini biasanya kegemaran kaum Hawa, dengan memiliki hobi memasak juga bisa mendatangkan tambahan penghasilan. Terbukti, banyak pelaku bisnis kuliner yang bisa sukses merintis usahanya dari hobi memasak yang mereka miliki. Beberapa ide bisnis sampingan dari hobi memasak ini antara lain seperti membuat aneka macam kue, membuka warung makan, membuka kedai kopi, melayani jasa katering, dan lain sebagainya.

Hobi Menjahit
Hobi menjahit ini kebanyakan sangat disukai oleh semua orang baik perempuan maupun laki-laki. Dari hobi ini kita bisa membuka jasa jahitan, permak jeans, memproduksi aneka macam produk fashion seperti kemeja, kaos couple, aneka tas, memproduksi sprei dan bed cover, serta masih banyak ide bisnis lainnya yang bisa dijalankan dari hobi ini.

Hobi Membuat Kerajinan Tangan
Tak cuma hobi menjahit saja yang bisa mendatangkan keuntungan, hobi membuat kerajinan tangan juga cukup menjanjikan. Beberapa ide bisnis yang bisa digeluti dari hobi kerajinan tangan seperti membuat kerajinan gerabah, kerajinan daur ulang sampah, daur ulang limbah kaca, kerajinan logam, lampion benang, kerajinan rajut, kreasi kerajinan kain perca, kerajinan dari limbah kaleng, dan lain-lain.

Hobi Fotografi
Dengan berbekal sebuah kamera, bagi pehobi fotografi bisa merintis bisnis sampingan yang bisa memberi tambahan penghasilan. Contohnya seperti menjadi fotografer freelance, membuka studio foto, melayani jasa editing foto, dan lain sebagainya.

Hobi Melukis
Bermodalkan kesenangan, hobi, dan keahlian dalam melukis, merupakan suatu modal dalam membangun bisnis sampingan yang cukup menguntungkan. Misalnya seperti bisnis sepatu lukis, tas lukis, dan kaos lukis yang belakangan ini sangat banyak digemari. Atau bisa juga membuat kerajinan kaligrafi yang mulai dicari pasar lokal maupun internasional dengan memanfaatkan berbagai media seperti logam, kaca, kain, kertas, bahkan tanah liat untuk menghasilkan produk kerajinan yang unik dan bernilai jual tinggi.

Hobi Menulis
Untuk menyalurkan hobi dalam menulis, tidak ada salahnya bila Anda mencoba menjadi penulis lepas di media online maupun offline seperti menyediakan jasa pembuatan artikel review produk yang akhir-akhir ini mulai banyak dibutuhkan oleh pelaku bisnis online. Atau juga bisa menjadi pengisi rubrik artikel di sebuah majalah.

Hobi Membaca
Dari hobi membaca, kita bisa membuka usaha sampingan seperti bisnis persewaan buku, membuka toko buku online, jual beli buku bekas, menjadi marketing buku-buku pelajaran, atau juga membuka kios koran dan majalah.

Hobi Main Game
Memiliki hobi main game memang kebanyakan orang berpendapat bahwa itu akan memberikan pengaruh negatif bagi sebagian orang. Namun bermodalkan hobi ini, justru ada beberapa peluang bisnis sampingan yang sangat menjanjikan. Contohnya seperti membuka rental play station, membuka usaha game online, membuka toko perlengkapan game, menciptakan game-game baru, atau juga melayani pengisian aplikasi game untuk handphone atau produk gadget lainnya.

Oke, semoga artikel bisnis tentang mencari ide bisnis berbasis hobi sebagaimana yang dibahas di atas bisa memberikan manfaat dan motifasi bagi para pembaca serta bisa membantu para pemula yang sedang mencari ide bisnis sampingan berbasis hobi yang dimiliki.


Mencari Ide Bisnis Sampingan Berbasis Hobi

0 komentar :