Cara Merawat Kulit Sensitif

 Cara Merawat Kulit Sensitif – Apakah Anda salah seorang yang memiliki kulit yang sensitif? Jenis kulit ini biasanya membutuhkan perawatan yang ekstra sehingga Anda dituntut untuk memberi perhatian yang lebih terhadap kulit.

Kulit sensitif adalah merupakan jenis kulit yang paling rapuh. Kulit yang seperti ini biasanya cenderung kering dan mudah iritasi. Dan biasanya pemilik kulit sensitif ini pada umumnya memiliki sistem kekebalan yang hiperaktif sehingga akan lebih memudahkan mereka dalam mendeteksi gangguan terhadap kulit yang disebabkan oleh suatu zat, bahan kimia, dan benda asing lainnya.

Namun sebelum merawat kulit sensitif, alangkah baiknya kalau Anda tau dulu ciri-ciri kulit sensitif serta apa penyebabnya. Karena tidak semua orang tau apakah kulit yang dia miliki itu termasuk jenis kulit yang sensitif atau tidak.

Orang yang mempunyai kulit yang sensitif memang sangat mengganggu dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari. Karena pemilik kulit sensitif ini gak bisa memakai merek kosmetik atau produk kecantikan yang lain selain produk yang biasa dia gunakan.

Ciri-ciri Kulit Sensitif

Untuk lebih jelasnya mengenai ciri-ciri kulit sensitif perhatikan uraian di bawah ini:

  • Sering mengalami rasa perih di kulit saat mengoleskan sesuatu produk terutama produk merek baru.
  • Kulit mendadak kering dan gatal tanpa sebab saat menggunakan produk kecantikan atau cosmetic baru.
  • Mudah terkena iritasi.
  • Saat berada di tempat dingin, kulit jadi kering dan bahkan terasa gatal.
  • Sehabis dilulur, kulit tubuh jadi iritasi.

Jika Anda memiliki ciri-ciri di atas, itu pertanda kalau Anda memiliki kulit yang sensitif.

Penyebab Kulit Sensitif

Dari pengamatan sejumlah dermatolog, kulit sensitif itu terjadi karena memiliki lapisan luar kulit yang lebih tipis. Sehingga respon titik saraf pun jadi lebih tinggi yang membuat saraf mudah bereaksi pada hal-hal sekecil apapun.

Ada beberapa hal penyebab kulit jadi sensitif antara lain:

  • Faktor lingkungan termasuk sinar ultraviolet, angin, polusi, hawa panas, hawa dingin dan kelembapan udara.
  • Iritasi dari penggunaan produk seperti: kosmetik, sabun, lotion, dsb, dan juga karena bahan pakaian yang tidak cocok bagi kulit.

Mempunyai kulit sensitif memang tak nyaman rasanya terlebih-lebih di saat kulit sudah mulai iritasi, jadi apabila keringat sedikit saja maka semua kulit yang iritasi itu akan terasa pedih dan gatal.

Cara merawat kulit sensitif

Setelah Anda mengerti ciri-ciri kulit sensitif serta apa penyebab kulit sensitif, sekarang saatnya untuk mengetahui cara merawat kulit sensitif seperti yang diuraikan berikut ini:

  • Perlakukanlah kulit seperti kulit bayi yang harus dirawat dengan ekstra hati-hati. Tapi bukan berarti Anda harus memakai produk yang di pakai oleh bayi juga, tapi cukup pilih produk yang lembut.
  • Jauhi jenis produk yang mengandung parfum.
  • Produk yang bertuliskan atau berlabel “non-comedogenic” juga baik untuk perawatan kulit yang sensitif.
  • Sebelum mencoba jenis produk baru, coba di tes dulu apakah produk tersebut cocok dengan kulit Anda atau tidak. Cara mencobanya coba oleskanlah dulu di pergelangan tangan bagian dalamnya dan biarkan selama 24 jam. Jika kulit yang dioleskan dengan produk tadi berubah menjadi kemerahan, itu artinya produk tersebut tak cocok untuk Anda, tapi bila aman-aman saja, itu berarti produk tersebut boleh Anda gunakan.
  • Jangan menggunakan loofah saat mandi.
  • Tinggalkan body scrubs karena itu mengandung butiran tajam yang tidak cocok pada kulit sensitif.
  • Jauhi tempat yang bersuhu esktrem.

Oke moga-moga artikel mengenai cara merawat kulit sensitif seperti yang diuraikan di atas bisa membantu Anda dalam merawat kulit sensitif Anda.

 

0 komentar :