Cara Membuat Text Area Di Blog

Cara membuat text area di blog sebenarnya sangat gampang (bagi yang sudah tau), namun bagi blogger yang masih newbie pasti bingung tujuh keliling. :)

Oke kita gak usah berpanjang lebar lagi, langsung aja kita bahas tentang cara membuat text area di blog yang bisa di terapkan baik dalam postingan maupun di widget.

Cara pertama:


<p align="center"><textarea name="code" rows="5" cols="20"> ISI TEXT AREA </textarea></p>

Keterangan:
rows="5" adalah merupakan tinggi text area yang bisa dirubah dengan angka yang lebih besar atau lebih kecil.

cols="20" adalah merupakan lebar text area yang juga bisa dirubah lebih besar atau lebih kecil.


Cara Kedua
Cara kedua ini adalah merupakan cara membuat text area di blog dengan memakai HighLight


<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Highlight All"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH: 300px; HEIGHT: 144px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="55"> ISI TEXT AREA </textarea></p></div></form>

Keterangan:
  • <input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.selec()"> ketika tombol highlight di klik, maka seluruh text yang ada di dalamnya akan di highligt (di tandai atau di blok), jadi tulisan ini gak boleh di rubah.
  • Value="Highlight All" kata Highlight All adalah kata yang akan muncul di dalam kotak tombol, jadi jika anda ingin merubah kalimat ini silahkan ganti dengan kata yang anda inginkan misalnya Klik di sini untuk mengcopy, dll.
  • Ukuran text areanya boleh di tukar sesuai keperluan.

Sekian dulu tutorial  cara membuat text area di blog yang bisa di pakai baik dalam postingan maupun di widget blog kita.

0 komentar :