Cara Membuat Link Otomatis Dalam Postingan Blog

Bagi yang hobbi ngeblog pasti sudah tahu betapa penting yang namanya SEO. Tehnik-tehnik dalam SEO sendiri juga sangat banyak mulai dari keyword atau kata kunci, membuat breadcrumb navigasi, serta bertukar link untuk mendapatkan back link, dan masih banyak lagi, dan salah satunya yang akan kita bahas kali ini yaitu cara membuat link otomatis dalam postingan blog.

Membangun internal link pada artikel juga sangatlah penting karena dengan itu bisa menjadikan artikel itu terkait antara artikel yang satu dengan artikel yang lainnya. Nah untuk itu makanya kita harus membuat link otomatis untuk mempermudah navigasi blog kita bisa terhubung antar artikel yang satu dengan yang lain.

Untuk itu disini kita akan memberi sedikit tips bagaimana cara membuat link otomatis dalam postingan blog agar dalam artikel kita akan terbentuk link secara otomatis sesuai dengan keyword yang kita inginkan. Sehingga setiap kali kita menulis keyword tertentu maka kata itu akan otomatis menjadi sebuah link sesuai dengan url yang kita inginkan.

Cara membuat link otomatis itu dalam postingan blog, coba ikuti langkah-langkahnya berikut ini:
  • Login ke dasbor blog kita dulu.
  • Klik Template.
  • Klik Edit HTML.
  • Pilih Lanjutkan.
  • Centang Expand Template Widget.
  • Copy template lama dan paste di notepad  (untuk backup).
  • Lalu cari kode: </head>
  • Kalau sudah ketemu, lalu copy kode di bawah ini dan pastekan tepat di atas </head> tadi.
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[ function doHighlight(bodyText, searchTerm,link) { var newText = ""; var i = -1; var lcSearchTerm = searchTerm.toLowerCase(); var lcBodyText = bodyText.toLowerCase(); while (bodyText.length > 0) { i = lcBodyText.indexOf(lcSearchTerm, i+1); if (i < 0) { newText += bodyText; bodyText = ""; } else { if (bodyText.lastIndexOf(">", i) >= bodyText.lastIndexOf(">", i)) { if (lcBodyText.lastIndexOf("/script>", i) >= lcBodyText.lastIndexOf("<script", i)) { newText += bodyText.substring(0, i) + '<a href="'+link+'">'+ bodyText.substr(i, searchTerm.length) + '</a>'; bodyText = bodyText.substr(i + searchTerm.length); lcBodyText = bodyText.toLowerCase(); i = -1; } } } } return newText; } function highlightSearchTerms(searchText, treatAsPhrase,link,divid) { if (treatAsPhrase) { searchArray = [searchText]; } else { searchArray = searchText.split(" "); } div=document.getElementById(divid); var bodyText = div.innerHTML; for (var i = 0; i < searchArray.length; i++) { bodyText = doHighlight(bodyText, searchArray[i], link); } div.innerHTML = bodyText; return true; } //]]></script>

  • Setelah itu cari kode: <data:post.body/> kode ini biasanya ada 2, dan pilih kode yang ada di bawah. Dan kalau sudah ketemu ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini:
<p><div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'>
<data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
highlightSearchTerms('anchor text keywords',true,'link artikel tujuan','summary<data:post.id/>');
highlightSearchTerms('anchor link keywords2',true,'link artikel tujuan','summary<data:post.id/>');
</script></p>
  • Dan untuk menambahkan keywords yang akan di targetkan, maka coba tambahkan kode berikut:
highlightSearchTerms('anchor tex keywords',true,'Alamat blog sobat','summary<data:post.id/>');

Keterangan:
  • Silahkan ganti tulisan anchor text keywords dengan text/tulisan yang akan kita targetkan sebagai anchor link otomatis nantinya.
  • Lalu ganti pula link artikel tujuan dengan alamat link artikel yang sesuai dengan anchor text keywords yang di bidik.
  • Ganti Alamat blog sobat dengan alamat url blog Anda.
  • Setelah selesai, simpan template sobat dengan mengklik Simpan Template.
Nah itu dia tutorial cara membuat link otomatis dalam postingan blog yang bisa memudahkan navigasi blog kita dan juga untuk membangun internal link.