Tips dan Kunci Keberhasilan Sales

Pasang surut penjualan suatu produk, tentu pernah dirasakan oleh para pelaku pasar dan pelaku usaha. Dalam menghadapi kondisi yang seperti itu, tak jarang para marketer maupun tenaga pemasaran (sales) dituntut untuk harus lebih aktif dan kreatif dalam memasarkan produk-produk yang akan yang dipercayai kepadanya.

Yang namanya dunia marketing yang sangat dinamis dan tentu saja penuh tantangan, para sales pun harus pandai-pandai dalam mencari peluang serta menghasilkan omset penjualan yang cukup besar.

Oleh karena itu, untuk mendongkrak penjualan produk para sales ataupun pelaku pasar, pada tutorial kali ini, berikut kami akan berbagi tips tentang tips dan kunci keberhasilan sales yang bisa kita terapkan dalam menjalankan tugas yaitu memasarkan produk.
  1. Kita harus membiasakan diri untuk menjadi seorang pemenang. Ketatnya persaingan pasar dan besarnya resiko yang tengah menghadang di depan, menuntut semua para pelaku pasar untuk bisa bertahan sebagai pemenang. Oleh karena itu, mari kita membiasakan pribadi kita untuk menjadi seorang pemenang agar setiap hambatan serta tantangan yang menghadang bisa diselesaikan dengan maksimal.
  2. Jeli dalam melihat pasar dan ciptakan sebuah peluang. Di sini bisa dikatakan bahwa insting seorang sales mesti tajam, Ia selalu jeli dan lihai dalam melihat pasar serta menciptakan peluang dalam berbagai kesempatan yang ada. Karena prinsip seorang sales adalah pintu rumah yang tertutup pun bisa menghasilkan sebuah peluang apabila kita mau menyampaikan informasi produk dengan strategi dan cara yang tepat. Usahakan kita memposisikan diri kita sebagai teman dekat bagi para konsumen dan penuhi semua kebutuhan yang akan mereka cari.
  3. Berjiwa besar dan berani melawan kegagalan. Bagi seorang sales, kegagalan dan penolakan dalam memasarkan produk, itu sudah menjadi bumbu penyedap bagi kegiatan mereka sehari-harinya. Untuk itu, sebagai seorang pelaku pasar kita juga dituntut untuk harus berjiwa besar serta jangan pernah merasa berkecil hati apabila kita menghadapi kegagalan. Pastikan selalu bahwa kita lebih mengutamakan kepentingan konsumen serta memberikan pelayanan prima bagi mereka dalam berbagai kondisi apapun.
  4. Perluas networking (jaringan). Tak bisa dipungkiri kalau networking itu adalah menjadi salah satu modal yang sangat berharga bagi seorang sales maupun pelaku pasar lainnya. Dimana semakin luas jaringan bisnis yang kita bangun, maka semakin besar pula peluang sukses di masa-masa yang akan datang. Jadikanlah orang-orang yang ada di sekitar kita sebagai relasi dan rekan bisnis potensial yang bisa membantu kita dalam mencapai puncak keberhasilan.  
  5. Lakukan evaluasi secara berkala. Ketatnya persaingan pasar dan tingginya resiko kegagalan yang sering menghantui para pelaku pasar, sehingga menuntut mereka untuk harus bisa melakukan perbaikan secara bertahap dan berkesinambungan. Baik itu mengevaluasi setiap tindakan positif yang telah diselesaikan, maupun mengevaluasi kesalahan-kesalahan dalam setiap proses penjualan.

Ingat!!!
Kunci keberhasilan seorang sales bukan hanya terletak pada kualitas produk yang mereka jual saja, namun
juga tergantung dari kualitas skill dan pengetahuan individu yang memasarkannya.

Firefox OS Siap Merambah Pasar OS Mobile

Firefox OS siap merambah pasar OS mobile dengan dukungan dari sejumlah perusahaan telekomunikasi besar sehingga Mozilla siap meluncurkan sistem operasi mobile bernama Firefox OS. Platform yang berbasis pada standar web terbuka dan aplikasinya dikembangkan dengan teknologi HTML5 itu akan bisa dinikmati secara gratis.

Berdasarkan berita Mozilla dalam blog resminya menyebutkan bahwa sejumlah operator seperti Deutsche Telekom, Sprint, Smart, Telecom Italia, Telenor dan Etisalat siap mendukung Firefox OS. Sementara dari vendor ponsel untuk sementara baru didukung oleh dua vendor yaitu ZTE dan TCL yang telah berencana untuk merilis ponsel Firefox OS dengan prosesor Qualcomm Snapdragon pada awal tahun 2013.

Secara komersial perangkat berplatform Firefox OS diharapkan bakal datang untuk pertama kalinya pada awal tahun 2013 di Brazil melalui salah satu operator di sana, yakni Telfonica.

Kehadiran Firefox OS ini akan semakin membuat persaingan di kancah sistem operasi mobile kian ramai. Namunwalaupun begitu, Mozilla melalui CEO-nya, Gary Kovacs tetap yakin bahwa Firefox OS masih punya peluang di tengah persaingan pasar OS yang kian sengit.

Terlebih lagi, Mozilla telah mendapat dukungan dari sejumlah operator dan produsen, dan itu tentu saja bakal menjadi sumber daya tambahan baginya untuk mempromosikan sistem operasi terbarunya itu.

Tips Sukses Memulai Usaha Sambil Kuliah

Banyak orang bilang kalau memulai usaha sambil kuliah itu sangat merepotkan dan sampai hari ini banyak orang yang beranggapan bahwa merintis sebuah usaha di bangku perkuliahan hanya akan mengganggu konsentrasi belajar mahasiswa. Dan sepertinya pola pikir seperti ini tentunya kurang tepat karena bisnis adalah bisnis dan kuliah adalah kuliah, sehingga tidak ada salahnya bila dari sekarang kita mulai memperbaiki mindset para mahasiswa.

Selama ini kebanyakan para mahasiswa mereka lebih bangga menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) ataupun tenaga kerja profesional di perusahaan-perusahaan besar, daripada memilih terjun di dunia usaha dan menjadi seorang entrepreneur muda. Paradigma ini tentunya sangat memprihatinkan. Sehingga tidaklah heran bila sampai hari ini angka pengangguran sarjana di Indonesia jumlahnya makin meningkat dan terus bertambah.

Oleh karena itu, untuk memancing tumbuhnya motivasi bisnis di benak para mahasiswa, berikut ini kami bebagi beberapa tips sukses memulai usaha sambil kuliah yang bisa dicoba para pemula dan yang berstatus sebagai mahasiswa tentunya.

Pertama, membangun mental entrepreneur. Langkah pertama yang harus dijalankan oleh para mahasiswa yaitu membangun mental entrepreneur dalam diri mereka. Meskipun mereka masih berstatus sebagai mahasiswa, namun jangan pernah minder dan takut untuk terjun di dunia usaha. Sebab, pada dasarnya semua bidang bisa kita pelajari dari nol, tak terkecuali ketika ingin belajar berwirausaha sejak duduk di bangku perkuliahan. Mulailah dengan memperkaya ilmu dan skill melalui buku, majalah bisnis, mengikuti mata kuliah kewirausahaan yang ada di kampus, mengikuti club maupun forum kewirausahaan di tempat perkuliahan, mengikuti berbagai macam seminar maupun pelatihan bisnis yang ada di Indonesia, serta memperluas networking dengan bergaul di lingkungan para pengusaha muda.

Kedua, tentukan peluang bisnis yang sesuai dengan modal. Ketika mental kita sudah mulai terbangun, langkah berikutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis usaha yang sesuai dengan modal dan usahakan juga sesuai dengan hobi. Yang dimaksudkan dengan modal di sini adalah tidak hanya berupa uang saja, namun juga meliputi modal skill, modal passion (hobi), waktu luang, dsb. Contohnya saja seperti menjadi reseller produk, menjadi penulis artikel, membuat beragam  jenis aksesoris (seperti kerajinan flanel, kain perca, manik-manik, kerajinan sulam, dll), memproduksi coklat, camilan, atau aneka macam makanan ringan, bisnis pulsa berjalan, menyediakan jasa penerjemah, jasa les privat, jasa servis komputer maupun handphone, jasa rental komputer, jasa pembuatan website, serta masih banyak lagi peluang bisnis mahasiswa lainnya yang bisa memberikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya.

Ketiga, kita harus pandai membagi waktu sebaik-baiknya. Sebagai mahasiswa, tentunya sebagian besar waktu kita akan tersita di bangku perkuliahan serta sibuk mengerjakan tugas-tugas kampus yang setiap harinya menumpuk di meja belajar. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan bila kita bisa merintis usaha kecil-kecilan di sela-sela jadwal kuliah setiap hari. Yang terpenting, bijaklah dalam membagi waktu. Pisahkan antara waktu belajar dengan waktu luang untuk merintis usaha. Misalnya saja ketika hari-hari kerja, gunakan waktu pagi hingga sore untuk fokus mengurus segala hal yang berhubungan dengan kuliah sedangkan waktu malam harinya atau ketika hari libur, optimalkan tenaga dan pikiran untuk menciptakan ide kreatif baru guna mengembangkan bisnis sampingan yang sedang dirintis. Ketika waktu kita bisa terbagi secara seimbang, maka kuliah dan bisnis pasti bisa berjalan beriringan.

Keempat, aktif berpromosi di lingkungan sekitar. Untuk mendukung perkembangan bisnis yang sedang kita jalankan, setidaknya kita bisa mulai berpromosi di lingkungan sekitar kita. Contohnya saja dengan menginformasikan produk atau jasa kita kepada teman-teman kuliah, teman kost, keluarga, saudara, dosen-dosen, atau mempromosikan bisnis tersebut melalui situs pertemanan online (sebut saja seperti facebook, twitter, blog, google plus, dan lain sebagainya).

Kelima, action dari sekarang. Setelah yakin dengan persiapan dan kemampuan yang kita miliki, kini tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda rencana bisnis yang telah dibuat dan segera merealisasikannya untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya.

Semoga informasi tips bisnis mengenai Tips Sukses Memulai Usaha Sambil Kuliah yang kita bahas di atas bisa memberikan tambahan semangat bagi para pembaca, dan menginspirasi seluruh mahasiswa di Indonesia untuk segera mulai berkarya menciptakan peluang kerja yang sebanyak-banyaknya.

Intel Hadirkan Ultrabook Generasi Terbaru di Indonesia

Intel akhirnya secara resmi mengumumkan kehadiran generasi terbaru Ultrabook berbasis Intel Core generasi ketiga (Ivy Bridge) di Indonesia.

Ultrabook terbaru ini diklaim mampu memberikan kinerja grafik dan media yang lebih baik bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, serta memiliki baterai yang tahan lama.

Selain kinerja perangkat yang lebih bertenaga, generasi terbaru dari Ultrabook ini juga menawarkan lebih banyak pilihan desain yang stylish dan tipis, sehingga pengalaman berkomputer yang nyaman, tanpa gangguan bagi pengguna sangat memungkinkan.

Perangkat Ultrabook generasi terbaru ini sebenarnya sudah tersedia di Indonesia mulai Juni 2012 melalui mitra Intel seperti: Acer, Asus, Axioo, Dell, HP, Lenovo, Samsung, Sony, dan Toshiba.

"Saat ini, Indonesia adalah merupakan pasar komputer terbesar keempat di Asia Pasifik dengan minat pada perangkat komputasi mobile yang semakin meningkat," kata Uday Marty, Direktur Intel Asis Tenggara.
"Dan Ultrabook yang berbasis prosesor Intel Core generasi ketiga ini, menjawab kebutuhan spesifik pengguna yang menginginkan prangkat komputasi ringan, namun bertenaga sehingga mereka dapat tetap kreatif, produktif, dan stylish sepanjang waktu," lanjutnya lagi.

Ultrabook generasi terbaru ini nantinya juga bakal menghadirkan peningkatan keamanan dan daya responsif berbekal beberapa teknologi yang telah disematkan pada perangkat tersebut, seperti Intel Smart Connect Technology, Intel Anti-Theft Technology, serta Intel Identity Protection Technology.

Saat ini, Ultrabook juga hadir untuk kalangan enterprise yang dibangun dengan platform prosesor Intel Core vPro generasi ketiga. Perangkat ini nantinya akan menawarkan kepada pelaku bisnis, keamanan dan kinerja untuk dapat berkomputasi dengan percaya diri melalui desain perangkat yang inovatif dan stylish sesuai kebutuhan mereka.

Gimana apakah Anda tertarik dengan Intel Ultrabook generasi terbaru ini? Jika jawabannya iya, silhkan aj kunjungi toko-toko komputer di kota Anda. Hahahahahhhh..... Kayak iklan radio aja tuch... :)

Cara Efektif Memajukan Bisnis

Seorang bisnisman atau pengusaha baru bisa dikatakan sukses apabila mereka tidak hanya berhasil merintis sebuah bisnis atau usaha, namun juga berhasil memajukan bisnisnya di tengah gempuran pasar yang semakin hari semakin banyak saingannya.

Ramainya persaingan pasar serta munculnya berbagai jenis peluang usaha, menuntut para pengusaha untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi bisnisnya. Hal ini sangat penting, mengingat belakangan ini banyak sekali para pemula yang berhasil merintis usaha mereka namun belum tentu berhasil mempertahankan kerajaan bisnisnya itu.

Oleh karena itu, untuk menghindari kemungkinan buruk akan terjadi seperti di atas. Maka pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips cara efektif memajukan bisnis yang bisa dipraktekan oleh para pemula.

Pertama, terus berinovasi dalam mengembangkan produk unggulan. Sebagai seorang pelaku usaha, pastikan diri Anda bahwa tidak pernah lelah untuk selalu berkreasi dan berimajinasi menciptakan sebuah inovasi yang baru. Baik itu menawarkan sebuah produk yang masih baru maupun memberikan nilai tambah pada produk lama Anda, sehingga bisnis yang Anda jalankan tidak pernah ditinggalkan oleh para konsumen. Contohnya saja seperti kesuksesan Unilever yang memproduksi berbagai macam keperluan masyarakat sehari-hari mulai dari sabun, deterjen, margarin, minyak sayur, makanan dan minuman, produk kosmetik, serta produk rumah tangga lainnya yang sekarang ini merek dagangnya cukup mendominasi pasar nasional maupun pasar internasional. Dimana semua produknya selalu menghiasi toko, warung, serta rumah tangga kita dengan berbagai merek produk yang sengaja diciptakan pihak Unilever untuk memanjakan para konsumennya.

Kedua, melakukan eksplorasi pasar. Selain mengembangkan inovasi produk, strategi lain yang bisa Anda terapkan adalah mengeksplorasi pasar dengan mengoptimalkan produk yang sudah ada. Dalam hal ini Anda bisa menarik banyak pelanggan dengan membidik pasar baru, atau bisa juga melalukan reposisi brand untuk menarik minat para konsumen. Strategi bisnis seperti ini pernah diterapkan oleh produk shampo Pantene yang dengan sengaja menurunkan harga jualnya serta menciptakan varian aroma baru untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar, karena para kompetitor lain juga mulai menawarkan produk shampo dengan kualitas yang sebanding namun dengan harga jual yang lebih terjangkau.

Ketiga, hadapi persaingan dan jadilah penyerang. Karakter pemberani memang harus dan wajib Anda miliki dalam menjalankan sebuah usaha. Tidak hanya diri Anda saja yang dituntut selalu berani, namun perusahaan yang Anda pimpin juga harus berani menghadapi persaingan pasar dan menjadi penyerang bagi para kompetitor lainnya. Strategi ini bisa diterapkan dengan cara menyelenggarakan kegiatan promosi besar-besaran, misalnya saja dengan mengadakan kupon berhadiah bagi para konsumen Anda, menekan harga serendah-rendahnya untuk menjangkau semua kalangan, atau bisa juga menawarkan program menarik lainnya seperti beli 3 gratis 1 untuk membangun loyalitas pelanggan.

Keempat, lebarkan sayap bisnis Anda dengan melakukan diversifikasi. Ketika bisnis Anda mulai berdiri dengan kokoh, tidak ada salahnya bila Anda memperluas bisnis tersebut dengan membangun lini baru yang bisa mengurangi resiko kerugian bisnis Anda dan meningkatkan aset kekayaan yang telah dimiliki. Contohnya saja seperti kesuksesan Chairul Tanjung yang berhasil mengembangkan Para Group menjadi beberapa lini usaha yang cukup kuat, sebut saja seperti Bank Mega, Trans TV, Trans7, serta sebuah wahana hiburan yang cukup fenomenal di Indonesia yakni Trans Studio yang saat ini telah berdiri di kota Makassar dan juga Bandung.

Nah dengan menerapkan beberapa tips cara efektif memajukan bisnis seperti yang telah kita bahas di atas, mudah-mudahan para pelaku bisnis atau usaha yang masih pemula bisa mempertahankan bisnisnya di tengah gempuran pasar yang semakin pesat dan berhasil meraih puncak kesuksesan seperti apa yang mereka impikan.

Keberanian Adalah Kunci Sukses Pengusaha

Dalam merintis sebuah usaha, tak jarang kita menemukan berbagai macam hambatan dan kendala yang bisa menghambat jalannya usaha yang dirintis tersebut. Kegagalan, persaingan, dan berbagai jenis tantangan yang lainnya, seakan-akan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan setiap bisnis atau usaha yang kita jalankan.

Dengan kondisi tersebut, tidaklah mengherankan bila sekarang ini para pengusaha dituntut untuk harus bisa tahan banting dalam menghadapi segala tantangan serta memiliki keberanian yang cukup kuat untuk melangkah menuju gerbang kesuksesan.

Dalam hal ini untuk membantu para pemula dalam merintis bisnisnya, berikut ini beberapa keberanian yang dibutuhkan oleh para pengusaha untuk mencapai puncak suksesnya karena keberanian adalah kunci sukses pengusaha.

Berani Bermimpi
Keberanian awal yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah keberanian untuk memiliki sebuah mimpi besar. Kita jangan pernah takut untuk bermimpi, karena pada dasarnya semua yang diinginkan berawal dari sebuah mimpi. Contohnya saja seperti kesuksesan Soichiro Honda sang raja jalanan yang berhasil menciptakan sepeda motor yang diberi merek Honda. Dan itu tercipta dari sebuah mimpi besar atau hayalan yang Ia miliki. Tidaklah heran kalau ada istilah yang mengatakan “Dengan mimpi kita bisa menggenggam dunia". :)

Berani Melangkah
Tidak hanya berani bermimpi, namun seorang pengusaha juga dituntut untuk harus mulai berani melangkah menghadapi semua tantangan. Artinya bila dulunya sebagian besar pengusaha masih takut yang namanya GAGAL dalam merintis sebuah usaha, kini kita harus berani menepis perasaan tersebut dan mulai merencanakan bisnis yang matang untuk mencapai sebuah kesuksesan. Dengan keberanian seperti ini bisa kita lihat dari kesuksesan Tirto Utomo sang pendiri Aqua, yang berhasil mempopulerkan air minum kemasan sejak tahun 1973, dan yang diikuti oleh pemain baru yang kian menjamur sekarang ini. Padahal, kala itu konsumen masih sangat asing dengan produk air minum dalam kemasan, karena pada dasarnya komoditas air di Indonesia sangat melimpah dan belum tercemar seperti saat ini.

Berani Bersaing
Setelah berani melangkah, selanjutnya seorang pengusaha juga didorong untuk harus berani bersaing mengalahkan ramainya kompetisi pasar yang ada. Mari kita jadikan persaingan itu sebagai pemacu atau sebuah motivasi bagi diri kita, sehingga kedepannya kita semakin semangat dalam menjalankan usaha dan lebih tertantang untuk memenangkan persaingan pasar itu sendiri. Contohnya: seperti kesuksesan produk Indomie yang sampai sekarang ini masih digemari oleh masyarakat, meskipun belakangan ini mulai banyak bermunculan merek mie instan lainnya yang ikut meramaikan pasar.

Berani Berbeda
Menampilkan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya tentunya menjadi salah satu daya tarik tersendiri serta kunci sukses kita dalam menjalankan sebuah usaha. Bahkan tak jarang para pelaku usaha sengaja menampilkan keunikan tertentu dalam produknya untuk memenangkan persaingan pasar yang mereka hadapi saat ini. Oleh karena itu sebagai calon pengusaha sukses, pastikan bahwa kita tidak pernah takut dalam menciptakan sesuatu yang baru dan unik serta berani menawarkan produk yang berbeda untuk membidik pangsa pasar yang masih potensial. Dalam hal ini kita bisa mencontoh strategi bisnis yang cukup unik seperti bisnis martabak mini, keripik setan, atau penyedia bisnis jasa kurir ASI dan spa bayi yang belakangan ini mulai merebut perhatian para konsumen. :)

Semoga informasi motivasi bisnis tentang keberanian adalah kunci sukses pengusaha ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca serta menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk berani membangun usaha.

Tips dan Trik Mendongkrak Pemasaran Bisnis

Meraup untung yang sebesar-besarnya setiap bulan pasti itu menjadi harapan utama bagi semua pengusaha. Sehingga tak heran bila beragam cara dan strategi pemasaran pun dijalankan demi untuk mendongkrak pemasaran bisnisnya.

Namun terkadang besarnya biaya pemasaran yang telah dikeluarkan oleh para pengusaha kadang tidak sebanding dengan omset penjualan yang mereka dapatkan. Bahkan tidak sedikit pelaku usaha yang harus gigit jari karena menelan kerugian yang cukup besar untuk menutupi semua biaya pemasaran yang dia laukan.

Oleh karena itu, untuk menghindarkan kita dari pemasaran bisnis yang kurang efektif, berikut ini kami berikan beberapa strategi bisnis serta tips dan trik mendongkrak pemasaran bisnis yang membutuhkan budget minimum dalam promosi namun bisa mendatangkan omset penjualan yang maksimum.

Manfaatkan perkembangan internet untuk memperluas pemasaran
Tak bisa dipungkiri lagi bila pertumbuhan internet yang semakin pesat, turut memicu keramaian lalu lintas transaksi online di dunia maya. Kalau dulunya masyarakat masih takut dan ragu dalam melakukan pembelian secara online, belakangan ini mereka mulai percaya dengan kredibilitas bisnis online dan semakin familiar dengan aktivitas jual beli via internet. Karena itu, tidak ada salahnya bila kita juga mulai memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dalam memperluas jangkauan pemasaran kita.

Jika dibandingkan dengan strategi pemasaran tradisional seperti: cetak brosur, pamflet, baner, spanduk, dll, yang memakan biaya promosi sangat besar, maka pemasaran online bisa kita jalankan dengan sangat mudah dan murah. Sebab, yang kita butuhkan hanyalah koneksi internet dan selanjutnya kita bisa mempromosikan bisnis tersebut melalui fasilitas gratisan seperti jejaring sosial dan juga bisa memanfaatkan fasilitas berbayar seperti membeli domain untuk membuka toko online.


Penuhi kebutuhan konsumen dengan konsep One Stop Shopping
Setiap konsumen pastinya tidak mau repot dalam memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, kita bisa memberikan pelayanan one stop shopping untuk mempermudah para pelanggan dalam memenuhi semua kebutuhan mereka.

Dan cara seperti inilah yang belakangan mulai diterapkan oleh para pelaku usaha untuk menarik minat konsumen. Ambil saja contohnya seperti toko handphone di Indonesia yang sekarang ini mulai menggabungkan antara pusat penjualan handphone dengan toko aksesoris handphone, jasa servis handphone, hingga memberikan kemudahan kepada para konsumen untuk melakukan pengisian pulsa. Nah, dengan memberikan pelayanan total kepada konsumen, maka secara tidak langsung sudah memperbesar peluang bagi kita untuk membangun loyalitas konsumen.



Carilah kelemahan kompetitor Anda
Dalam menjalankan sebuah usaha, kehadiran kompetitor atau pesaing, menjadi salah satu resiko bisnis yang tak bisa terpisahkan. Oleh karena itu jangan pernah takut menghadapi persaingan pasar, namun jadikan para pesaing Anda sebagai guru pembelajaran untuk meningkatkan pelayanan.

Dari itu lakukan pengamatan untuk mencari tau dan mengetahui kelebihan serta kelemahan pesaing, dan jadikan kelemahan tersebut sebagai peluang bagi Anda untuk meningkatkan nilai tambah (faktor pembeda) bagi bisnis Anda. Contoh sederhananya seperti ini, bila toko obat/apotek lainnya hanya buka jam 10.00-21.00 setiap hari kerja, Untuk mengatasi persaingan tersebut Anda bisa membuka toko obat/apotek dengan konsep unik yang melayani konsumennya 24 jam nonstop dan tetap beroperasi meskipun di hari-hari libur.

Pancing respon pelanggan untuk memperkuat brand bisnis Anda
Respon balik dari pelanggan menjadi salah satu kekuatan bisa yang bisa kita manfaatkan untuk mengoptimalkan pemasaran bisnis kita. Bahkan tak jarang para pelaku usaha sengaja menciptakan sebuah keunikan tersendiri untuk memancing respon para pelanggan. Hal ini sangatlah penting, mengingat respon positif dari para pelanggan, itu bisa menjadi aset bagi kita untuk memperkuat brand bisnis yang akan diangkat. Contohnya saja seperti kesuksesan pemasaran produk Maicih yang berawal dari ketertarikan sekelompok remaja di Kota Bandung, yang kemudian mulai menyebar luas ke seluruh penjuru nusantara karena adanya penyebaran informasi melalui pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut) hingga pada akhirnya memperkuat brand maicih di pasar regional maupun tingkat nasional.

Akhir kata aku ucapkan semoga tips dan trik mendongkrak pemasaran bisnis yang kita bahas ini, bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula dalam mengoptimalkan omset penjualannya.