Tips dan Trik Mendongkrak Pemasaran Bisnis

Meraup untung yang sebesar-besarnya setiap bulan pasti itu menjadi harapan utama bagi semua pengusaha. Sehingga tak heran bila beragam cara dan strategi pemasaran pun dijalankan demi untuk mendongkrak pemasaran bisnisnya.

Namun terkadang besarnya biaya pemasaran yang telah dikeluarkan oleh para pengusaha kadang tidak sebanding dengan omset penjualan yang mereka dapatkan. Bahkan tidak sedikit pelaku usaha yang harus gigit jari karena menelan kerugian yang cukup besar untuk menutupi semua biaya pemasaran yang dia laukan.

Oleh karena itu, untuk menghindarkan kita dari pemasaran bisnis yang kurang efektif, berikut ini kami berikan beberapa strategi bisnis serta tips dan trik mendongkrak pemasaran bisnis yang membutuhkan budget minimum dalam promosi namun bisa mendatangkan omset penjualan yang maksimum.

Manfaatkan perkembangan internet untuk memperluas pemasaran
Tak bisa dipungkiri lagi bila pertumbuhan internet yang semakin pesat, turut memicu keramaian lalu lintas transaksi online di dunia maya. Kalau dulunya masyarakat masih takut dan ragu dalam melakukan pembelian secara online, belakangan ini mereka mulai percaya dengan kredibilitas bisnis online dan semakin familiar dengan aktivitas jual beli via internet. Karena itu, tidak ada salahnya bila kita juga mulai memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dalam memperluas jangkauan pemasaran kita.

Jika dibandingkan dengan strategi pemasaran tradisional seperti: cetak brosur, pamflet, baner, spanduk, dll, yang memakan biaya promosi sangat besar, maka pemasaran online bisa kita jalankan dengan sangat mudah dan murah. Sebab, yang kita butuhkan hanyalah koneksi internet dan selanjutnya kita bisa mempromosikan bisnis tersebut melalui fasilitas gratisan seperti jejaring sosial dan juga bisa memanfaatkan fasilitas berbayar seperti membeli domain untuk membuka toko online.


Penuhi kebutuhan konsumen dengan konsep One Stop Shopping
Setiap konsumen pastinya tidak mau repot dalam memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, kita bisa memberikan pelayanan one stop shopping untuk mempermudah para pelanggan dalam memenuhi semua kebutuhan mereka.

Dan cara seperti inilah yang belakangan mulai diterapkan oleh para pelaku usaha untuk menarik minat konsumen. Ambil saja contohnya seperti toko handphone di Indonesia yang sekarang ini mulai menggabungkan antara pusat penjualan handphone dengan toko aksesoris handphone, jasa servis handphone, hingga memberikan kemudahan kepada para konsumen untuk melakukan pengisian pulsa. Nah, dengan memberikan pelayanan total kepada konsumen, maka secara tidak langsung sudah memperbesar peluang bagi kita untuk membangun loyalitas konsumen.



Carilah kelemahan kompetitor Anda
Dalam menjalankan sebuah usaha, kehadiran kompetitor atau pesaing, menjadi salah satu resiko bisnis yang tak bisa terpisahkan. Oleh karena itu jangan pernah takut menghadapi persaingan pasar, namun jadikan para pesaing Anda sebagai guru pembelajaran untuk meningkatkan pelayanan.

Dari itu lakukan pengamatan untuk mencari tau dan mengetahui kelebihan serta kelemahan pesaing, dan jadikan kelemahan tersebut sebagai peluang bagi Anda untuk meningkatkan nilai tambah (faktor pembeda) bagi bisnis Anda. Contoh sederhananya seperti ini, bila toko obat/apotek lainnya hanya buka jam 10.00-21.00 setiap hari kerja, Untuk mengatasi persaingan tersebut Anda bisa membuka toko obat/apotek dengan konsep unik yang melayani konsumennya 24 jam nonstop dan tetap beroperasi meskipun di hari-hari libur.

Pancing respon pelanggan untuk memperkuat brand bisnis Anda
Respon balik dari pelanggan menjadi salah satu kekuatan bisa yang bisa kita manfaatkan untuk mengoptimalkan pemasaran bisnis kita. Bahkan tak jarang para pelaku usaha sengaja menciptakan sebuah keunikan tersendiri untuk memancing respon para pelanggan. Hal ini sangatlah penting, mengingat respon positif dari para pelanggan, itu bisa menjadi aset bagi kita untuk memperkuat brand bisnis yang akan diangkat. Contohnya saja seperti kesuksesan pemasaran produk Maicih yang berawal dari ketertarikan sekelompok remaja di Kota Bandung, yang kemudian mulai menyebar luas ke seluruh penjuru nusantara karena adanya penyebaran informasi melalui pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut) hingga pada akhirnya memperkuat brand maicih di pasar regional maupun tingkat nasional.

Akhir kata aku ucapkan semoga tips dan trik mendongkrak pemasaran bisnis yang kita bahas ini, bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula dalam mengoptimalkan omset penjualannya.

Strategis Memperluas Bisnis Franchise

Seiring dengan semakin berkembangnya bisnis franchise di Indonesia, itu merupakan salah satu bukti nyata bagi kita bahwasannya jumlah entrepreneur di negara kita semakin hari semakin meningkat pesat. Bahkan boleh dikatakan sekarang ini sedikitnya ada sekitar 1.000 lebih bisnis franchise yang berkembang di Indonesia dengan jumlah outlet sekitar 40.000, yang mampu menyerap tenaga kerja sekitar 700.000 sampai 1 juta orang setiap tahunnya. Banyakkan??? :)

Dengan keadaan yang seperti ini tentunya tidak hanya memberikan kabar gembira bagi pertumbuhan ekonomi bangsa kita, namun juga membuktikan kepada kita semua bahwa peluang bisnis franchise di negara kita masih memiliki prospek pasar yang sangat cerah. Dan itu memberi peluang bagi kita semua untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. JAdi, gak ada salahnya bila Anda pun mulai merancang sebuah usaha dengan konsep yang cukup matang dan mengembangkan bisnis tersebut dengan sistem kemitraan.

Untuk membekali para pemula dalam mengembangkan bisnis kemitraan atau yang lebih sering orang bilang dengan istilah franchise. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas strategis memperluas bisnis franchise perlu diperhatikan sebelum memperbanyak gerai franchise.

Pertama, analisa dulu gerai yang sudah ada. Sebelum melakukan ekspansi dan memperbanyak jumlah gerai, pastikan dulu bahwa kita telah melakukan analisa internal untuk mengetahui seberapa besar kinerja gerai yang sudah ada. Dan apabila terbukti sudah ada sekitar 70% gerai yang berhasil mencapai target atau melebihi sasaran, maka bisa dikatakan bisnis franchise kita itu tergolong sukses dan sudah sangat siap untuk dikembangkan lebih luas lagi.

Kedua, hindari persaingan internal. Yang dimaksudkan dengan persaingan internal adalah kompetisi antar gerai-gerai franchise yang telah kita miliki. Tak bisa kita pungkiri bila sekarang ini tidak hanya persaingan dari kompetitor luar saja yang harus diwaspadai para franchisee (mitra), namun antara mereka juga bersaing dengan pesaing internal (franchisee sejenis) yang membuka gerai di sekitar areanya. Untuk itu, setiap melakukan penambahan gerai, usahakan untuk selalu menyasar target pasar baru, sehingga tidak terjadi pencaplokan pasar antar franchise.

Ketiga, jaga keseimbangan antara support dan ekspansi. Artinya sebagai seorang franchisor, tentunya kita dituntut untuk selalu adil dan seimbang dalam menjalankan operasional manajemen. Contohnya saja dengan menyeimbangkan antara support bagi gerai-gerai yang sudah ada, tanpa lupa menyiapkan strategi ekspansi untuk membuka gerai-gerai baru. Meskipun begitu, sayangnya sampai hari ini masih banyak franchisor yang terlalu fokus memikirkan ekspansi gerai, sehingga para franchisee yang terdahulu tidak ditanggapi secara optimal dan kinerja gerainya mengalami penurunan hingga akhirnya gulung tikar.

Keempat, mempertahankan positioning produk. Selain memperkuat manajerial, mempertahankan positioning produk franchise yang kita tawarkan juga sangat penting. Karena setiap produk tentunya memiliki siklus hidup masing-masing, sehingga kita harus mengetahui produk apa saja yang memiliki waktu hidup cukup lama dan produk mana saja yang siklus hidupnya telah habis. Jadi, evaluasi produk secara berkala agar produk yang kita tawarkan diminati para konsumen.

Semoga informasi tips bisnis yang membahas tentang strategis memperluas bisnis franchise ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarkat Indonesia untuk segera memulai usaha.

Tips Menjadi Pengusaha Yang Produktif

Menjadi pengusaha saja ternyata itu tidak cukup kuat untuk menggapai yang namanya kesuksesan. Ketatnya persaingan pasar dan banyaknya tantangan yang menghadang, mendorong para pengusaha untuk terus berlomba-lomba menciptakan inovasi baru dan berkarya sebaik-baiknya untuk memenangkan persaingan bisnis yang ada.

Bagi sebagian pengusaha yang tahan banting, ketatnya persaingan pasar dan banyaknya tantangan yang menghadang, justru itu akan menjadikan salah satu motivasi bagi mereka untuk terus berkarya menciptakan sesuatu yang berbeda. Namun, bagi sebagian lainnya yang tidak siap dan takut dengan kondisi tersebut, bisa dipastikan bila bisnisnya tidak bisa bertahan lama di tengah ketatnya persaingan pasar dan hanya akan tenggelam menghadapi gempuran perusahaan baru yang mulai bermunculan.

Lalu, langkah apa saja yang harus dilakukan oleh para pengusaha dalam memenangkan persaingan yang ada? Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menjadi seorang pengusaha yang produktif serta menciptakan beragam strategi bisnis yang cukup efektif  untuk mempertahankan eksistensi bisnisnya.

Nah, untuk membantu para pemula yang hendak merintis sebuah usaha, pada kesempatan kali ini akan kita akan membagikan beberapa tips menjadi pengusaha yang produktif.

Mulailah dengan mengatur skala prioritas
Sebagai seorang pengusaha, tentunya kita dituntut untuk harus menjalankan beragam rutinitas dan kewajiban yang cukup menyita waktu, tenaga, serta pikiran kita. Agar semuanya bisa berjalan lancar dan seimbang, tugas utama yang perlu kita lakukan yaitu mengatur skala prioritas dan mengerjakan tugas-tugas yang paling mendesak sebelum akhirnya mengerjakan tugas lain yang juga perlu kita perhatikan. Biasakan untuk mengatur skala prioritas dari mulai mengerjakan hal-hal yang paling penting, cukup penting, dan yang terakhir menyelesaikan tugas-tugas yang belum begitu penting. Strategi ini terbilang cukup efektif, sehingga kita bisa lebih fokus dalam menyelesaikan satu tugas hingga tuntas, dan selanjutnya bisa lanjut mengerjakan tugas berikutnya yang sudah menunggu kita.

Berpikir efisien dan efektif
Selain dijadikan sebagai seorang pimpinan bagi perusahaan yang Ia bangun, para pengusaha juga harus bisa menjadi problem solver (pemecah masalah) bagi para karyawannya. Untuk itu, Anda dituntut agar bisa berpikir efisien dan efektif dalam menjalankan roda usaha, sehingga setiap masalah yang menghadang bisa segera terselesaikan dengan baik.

Contoh sederhana bisa kita lihat dari salah satu kasus yang terjadi di sebuah perusahaan kosmetik yang cukup besar di Negara Jepang. Ketika itu perusahaan menerima keluhan dari pelanggan yang mengatakan bahwa ia telah membeli sekotak sabun yang ternyata kosong (tidak ada isi sabunnya). Dengan segera pimpinan perusahaan tersebut memerintahkan para teknisi untuk memecahkan masalah tersebut. Para teknisi pun bekerja keras untuk membuat sebuah mesin sinar X dengan monitor resolusi tinggi yang memakan biaya tidak sedikit. Tentu ini kurang efisien karena biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Lain halnya dengan kebijakan yang diambil sebuah perusahaan kecil ketika dihadapkan pada permasalahan yang sama, Ia hanya membeli sebuah kipas angin listrik untuk industri yang memiliki tenaga cukup besar dan mengarahkannya ke garis pengepakan. Selanjutnya Ia menyalakan kipas angin tersebut, dan setiap ada kotak sabun kosong yang melewati kipas angin itu, maka kipas tersebut akan meniup kotak sabun yang kosong keluar dari jalur pengepakan, karena kotak sabun terbuat dari bahan kertas yang ringan. Cara ini lebih efisien dan efektif, sehingga permasalahan yang dihadapi bisa terselesaikan dengan cepat dan tepat.

Tetap produktif di luar jam kerja
Jika para karyawan cenderung produktif sebatas jam kerjanya, maka lain halnya dengan seorang entrepreneur yang dituntut untuk selalu produktif meskipun di luar jam kerja mereka. Mari kita manfaatkan waktu luang kita untuk memperdalam ilmu bisnis dan skill entrepreneur yang menjadi modal utama dalam menjalankan usaha, mencari ide-ide segar untuk menciptakan inovasi baru, serta merencanakan strategi bisnis baru untuk mengoptimalkan pendapatan usaha. Jangan pernah kita menyia-nyiakan waktu karena setiap detik yang berlalu merupakan sebuah peluang yang bisa kita maksimalkan.

Semoga tips bisnis yang kita bahas pada tips menjadi pengusaha yang produktif ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.

Rahasia Sukses Entrepreneur Dunia

Menjadi pebisnis entrepreneur sukses yang dikenal oleh banyak masyarakat dunia, pasti menjadi dambaan oleh setiap pengusaha. Ada beberapa orang pengusaha sukses dunia seperti Mark Zuckerberg yang berhasil menjadi seorang milyarder di usia yang masih sangat muda berkat inovasi Facebook yang Ia ciptakan, kegigihan Kolonel Sanders dalam membangun jaringan bisnis ayam goreng KFC di usianya yang tak lagi muda (66 tahun), serta prestasi Steve Jobs yang meluncurkan iPhone untuk meramaikan persaingan bisnis handphone di kancah dunia, itu semua menjadi bukti nyata bagi kita semua bahwasannya setiap orang bisa mencapai kesuksesan dengan cara yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, untuk mengetahui rahasia apa saja yang bisa mengantarkan para entrepreneur dunia menuju puncak kesuksesannya. Pada kesempatan kali ini kami akan informasikan beberapa tips bisnis rahasia sukses entrepreneur dunia yang bisa kita terapkan sekarang juga untuk meraih kesuksesan.

Langkah Pertama, tak perlu ragu dan segeralah melangkah. Semakin cepat kita mengawalinya, maka semakin panjang pula waktu yang kita miliki untuk mencari tahu peluang bisnis apa saja yang cukup potensial kedepannya. Sehingga dengan begitu, bisa dikatakan kita telah mencuri start atau memulai usaha lebih awal dibandingkan pesaing kita di pasaran, sehingga tidak menutup kemungkinan bila bisnis kitapun bakal bisa menjadi pemimpin pasar di masa-masa yang akan datang.

Langkah Kedua, bangun networking. Terkadang kita para pemula hanya fokus memikirkan modal harta untuk merintis sebuah usaha. Padahal, dalam merintis usaha tidak hanya modal dana saja yang dibutuhkan. Karena dengan membangun networking yang seluas-luasnya, tidak menutup kemungkinan bila kitapun bisa merintis usaha tanpa harus memiliki modal atau dana yang besar. Contohnya saja kita menjadi reseller produk, dengan berbekal katalog produk yang kita peroleh dari para produsen, tentunya kita bisa memasarkan produk-produk unggulan dengan sistem pembagian hasil yang saling menguntungkan tanpa harus mengeluarkan modal dana yang cukup besar.

Langkah Ketiga, perkuat ambisi positif. Besarnya ambisi yang dimiliki oleh seorang pengusaha, mendorong mereka untuk selalu optimis dalam menghadapi berbagai tantangan serta berani menghancurkan ketakutan untuk memenangkan persaingan. Rahasia seperti inilah yang kemudian memberikan keberanian kepada pendiri Facebook untuk mulai berinovasi menciptakan peluang baru meskipun saat itu sudah ada Google yang cukup mendominasi pasar internet.

Nah, setelah membahas rahasia sukses yang berhasil membesarkan para pengusaha dunia ini. Sekarang giliran Anda untuk mulai bergerak membangun networking Anda dan mewujudkan mimpi besar yang Anda citakan layaknya seperti rahasia entrepreneur dunia yang kita bahas di atas.

Salam Sukses!!!

Pendiri dan Pemilik Facebook

Siapa yang tak kenal dengan facebook? Semua orang pasti kenal bahkan anak SD sekalipun. Tapi kalau ditanya siapa pendiri dan pemilik facebook tersebut? Pasti banyak yang geleng kepala. Dan kalau Anda mengunjungi situs ini melalui mesin pencari (search engine), itu berarti Anda pasti termasuk salah seorang yang tak tau siapa pendiri facebook ini. Betul chan? Hehehehehh………… ketahuan tuch. :)

Oke kita langsung saja. Pendiri dan pemilik Facebook ini adalah Mark Zuckerberg  yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 lalu. Awal pendirian dari situs pertemanan ini sebenarnya hanya sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard University saja. Antusias mahasiswa Harvard pada media ini sangat besar. Bayangkan saja hanya dalam kurun waktu dua minggu setelah di luncurkan, separoh dari mahasiswa tersebut sudah daftarin diri dan punya account di facebook.

Ketenaran facebook bukan hanya di Harvard University saja, tapi malah kampus lain disekitar Harvard juga ikutan membuka akaun di facebook. Hingga akhirnya Mark Zuckerberg si pencipta facebook meminta bantuan ama dua temannya buat ngembangin facebook ini di kampus-kampus lain. Alhasil hanya dalam kurun waktu empat bulan semenjak di luncurkan, facebook dah punya 30 kampus yang gabung dalam jaringannya. Melihat potensi facebook yang bagus, beberapa perusahaan pernah ingin membelinya. Tapi semua tawaran itu di tolak mentah-mentah oleh si penciptanya.

Nach pada September 2005, facebook nggak lagi membatasi jaringanya yang hanya untuk mahasiswa saja, tapi mulai membuka jaringannya untuk anak SMA juga. Nggak lama setelah itu, situs pertemanan ini juga membuka jaringannya untuk pekerja kantoran.

Dan pada September 2006, facebook membuka diri dan membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat email. Dan mulai tahun 2007, penambahan akun dalam seharinya mulai menginjak angka 200 ribuan akun perharinya. Dan setelah itu semakin hari, pembukaan akun baru semakin membludak aja sampai sekarng ini dan yang menurut kabar juga bahwa facebook kini telah mengalahkan ketenaran google. Itu benar atau tidaknya aku juga kurang tau. :)

Apakah sekarang Anda sudah tau siapa pendiri dan pemilik Facebook?


Pendiri dan Pemilik Twitter

Twitter adalah merupakan situs jejaring sosial selain yang sudah sangat terkenal selain Facebook. Twitter ini adalah merupakan situs pertemanan yang berbasis microblogging. Pendiri dan pemilik twitter ini adalah Evan Williams, Jack Dorsey dan Biz Stone yang diluncurkan pada Maret 2006.

Sejak diluncurkan pada 2006 lalu, twitter sudah jadi populer banget di seluruh dunia termasuk Indonesia. Mungkin karena twitter yang berbasis mikroblogging gratis, sehingga memungkinkan semua penggunanya bisa berhungan dengan orang lain lebih cepat.

Di twitter juga ada beberapa istilah yang sering dipakai oleh penggunanya. Misalnya Tweet adalah istilah yang sering di gunakan untuk twitter. Kalau ngetweet adalah istilah buat orang yang lagi sedang twitteran.

Setelah berkembang agak lama, orang-orang mulai ngelihat kalau ada peluang bisnis dan promosi bisnis yang bisa di jalanin di twitter ini. Jadi jangan heran kalau sekarang ini banyak yang menggunakan media ini untuk mempromosikan bisnis, barang, atau jasa mereka. Juga sudah banyak perusahaan yang menggunakan twitter ini sebagai lahan bisnis online.

Jadi kalau ada teman sobat yang bertanya siapa pendiri dan pemilik situs jejearing sosial twitter, maka jawabannya adalah Evan Williams, Jack Dorsey dan Biz Stone.

Pengertian Backlink dan Anchor Text

Di dunia blog, ada sangat banyak istilah-istilah yang kadang membuat kita yang masih newbie jadi bingung sendiri. Dan salah satu yang sering kita dengar adalah tentang istilah dan pengertian backlink dan anchor text.

Untuk itu berikut ini aku akan memberikan sedikit gambaran tentang pengertian backlink dan anchor text.

Pengertian Backlink
Backlink adalah merupakan jumlah link website atau blog kita yang ada di webblog orang lain. Jadi semakin banyak backlink suatu website atau blog, maka semakin bagus posisinya di search engine. Untuk mendapatkan backlink, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Karena backlink itu sangat penting bagi popularitas webblog kita.

Pengertian Anchor Text
Anchor text ini hampir sama pengertiannya dengan backlink yaitu kalau link itu di klik akan menuju ke website kita juga. Hanya saja anchor text itu adalah nama link yang jika diklik akan mengarah ke salah satu link yang lain.

Seperti ini: mungkin kita pernah mengunjungi website atu blog seseorang dan biasanya mereka menuliskan: “untuk keterangan lengkapnya silahkan klik di sini”. Nach kalau kita klik kata klik di sini itu, maka kita akan di arahkan ke alamat sebuah link yang mengarah ke suatu website atau blog lain. Dan itulah yang dinamakan anchor text. Atau ketika kita blog walking dan meninggalkan komentar di sana, maka sewaktu kita meninggalkan komentar itu kita di haruskan untuk mengisi nama, email, url serta isi komentar. Nach ketika komentar kita di approve oleh pemilik blog tersebut, apabila kita mengklik nama pemilik komentar tersebut maka otomatis akan terbuka link yang mengarah ke website atau blog pemilik komentar tersebut. Dan nama yang kita klik  itulah yang di namakan anchor text.
Gimana sudah mengerti apaitu pengertian backlink dan anchor text? Yach mudah-mudahan bisa di mengerti karena aku sendiripun susah menjelaskannya. :)