Cara Ampuh Mengatasi Komedo

Cara ampuh mengatasi komedo sebenarnya tidak terlalu susah dan sulit asalkan kita mau meluang sedikit waktu untuk merawat muka. Kenapa kita punya waktu kalau ke salon, tapi kalau merawatnya sendiri di rumah kita gak memberi sedikit waktu?

Saat kita ke salon untuk facial, komedo yang bersarang di sekitar hidung pasti dibersihkan oleh terapis. Tetapi hanya dalam beberapa hari kemudian, komedo itu pasti akan kembali muncul dan menggangu penampilan kita.

Komedo, baik yang berwarna hitam maupun yang berwarna putih, pada dasarnya sama. Karena komedo yang pada awalnya berwarna putih, lama-lama akan berubah menjadi hitam karena komedo memiliki simpanan lemak yang teroksidasi. Tapi seandainya tidak teroksidasi maka warnanya akan tetap putih seperti jerawat kecil.

Komedo tidak boleh dibiarkan begitu saja karena semakin lama dibiarkan, justru akan membuat pori-pori kulit semakin besar. Jadi intinya, begitu komedo itu nampak, langsung di bersihkan sebersih-bersihnya. Dan cara ampuh mengatasi komedo serta menghilangkan komedo agar tidak muncul kembali, coba ikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

Membersihkan wajah secara teratur
Bersihkan selalu kulit wajah secara teratur dan benar. Sebelum tidur di malam hari pastikan bahwa seluruh kulit wajah sudah bersih dari bekas riasan kosmetik yang kita pakai siang hari. Bersihkan kulit muka dengan menggunakan pembersih yang berbasis asam salisilat karena asam salisilat sangat membantu untuk mengobati dan mencegah komedo. Selain itu juga sangat baik  sebagai antibakteri dan juga antiinflamasi.

Hindari penyegar yang mengandung alkohol
Jangan menggunakan penyegar kulit yang mengandung alkohol, karena alkohol bisa membuat kulit menjadi kering. Jadi pilihlah penyegar yang mengandung bahan alami yang antibakteri seperti ekstrak teatree.

Perawatan khusus
Biasanya komedo paling sering muncul di area sekitar hidung. Oleh karena itu berikan perhatian dan perawatan khusus di area tersebut. Kita bisa memanfaatkan serum yang mengandung Nyacinamide (vitamin B3) dan Papain (enzim pepaya), yang sangat efektif untuk menghilangkan komedo.
Nyacinamide berfungsi untuk membantu menyembuhkan kulit berjerawat serta mengurangi minyak pada kulit wajah yang merupakan komponen dari komedo. Dan papain berfungsi sebagai eksfoliasi yang membantu mengangkat sel kulit mati penyumbat pori-pori.

Pelembab
Gunakan pelembab yang bebas minyak dan gunakan pelembab yang mengandung asam hyaluronic yang bisa membuat kulit selalu dalam keadaan lembab. Dan jangan lupa untuk menggunakan krim pelindung dari sinar matahari pada siang hari.

Scrub
Lakukan scrubbing satu atau dua kali dalam seminggu. Pilihlah yang teksturnya lembut, lakukan sambil dipijat-pijat ringan. Dengan melakukan scrubbing secara teratur maka komedo tidak akan muncul kembali.

Masker
Gunakan masker yang mengandung kaolin sekali atau dua kali seminggu. Karena kaolin berfungsi untuk mencegah pori-pori yang tersumbat yang menjadi pemicu komedo. Serta koalin juga dapat menyerap minyak.

Cara ampuh mengatasi komedo serta menghilangkan komedo gak susah chan??? apakah Anda tidak punya waktu untuk itu??? :)